INFO PENTING !!! ANAK BALITA TERLALU SERING NONTON TV AKAN JADI LAMBAT BERBICARA



IndTips - Jika Anda memiliki anak berusia satu tahun dan belum bisa bicara sampai sekarang, bisa jadi itu karena anak Anda terlalu sering menonton TV. Jadi, mulailah jauhkan anak Anda dari layar televisi !!!

Saat anak berusia satu tahunan, sebaiknya jangan biarkan terlalu banyak menonton televisi bersama orang tua atau pendampingnya. Sebab, sering nonton televisi dapat memengaruhi anak telat bicara.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang RS Wahidin Sudirohusodo, Dr dr Martira Maddeppungeng SpA(K) menjelaskan, menonton televisi sejak usia satu tahun membuat anak menjadi pendengar pasif.

Si kecil hanya menerima tanpa harus mencerna. Menonton televisi juga bisa membuat anak menjadi traumatis karena menyaksikan pelbagai tayangan yang memengaruhi psikis. Sehingga, jika meninggalkan suasana tersebut Anak akan merasa tidak nyaman.

Selain karena sering diajak nonton televisi oleh orang dekatnya, ada faktor lain yang membuat anak telat berbicara lancar. Salah satu pemicunya adalah anak mengalami gangguan pada pendengaran.

Faktor lainnya, masalah keturunan, dan adanya hambatan pada otak. "Bahkan, anak yang sejak usia satu tahun atau usia balita sering diberikan gadget sebagai mainan juga dapat menjadi faktor lambat bicara," katanya lebih lanjut.

Pada dasarnya, beber Martira, anak dikatakan lambat bicara jika di usia dua tahun belum mampu berbicara dengan lancar. Normalnya, dua tahun anak sudah mampu merangkai kata sederhana.

"Karena pada dasarnya usia 1,5 tahun anak sudah bisa mengucapkan minimal lima kata, seperti mama, papa, ini, itu, apa, dan tidak," jelanya.

Adapun Dokter Spesialis Anak RS Wahidin Sudirohusodo, Makassar, dr Jusli Aras, MKes, SpA menambahkan, anak lambat bicara juga karena minimnya komunikasi yang dilakukan oleh orang tua. Padahal, sering berbicara pada buah hati akan menambah kosa katanya. "Tetapi dalam berkomunikasi baiknya orang tua menggunakan artikulasi atau pengucapan kata yang benar," tuturnya.

Komentar

Entri Populer

Pakai Cara Ini Untuk Mengetahui Madu Asli Atau Palsu.. Dalam 1 Detik Langsung Ketahuan!

SILAHKAN DICOBA! Pijat Kaki Dibagian Titik Ini, Bisa Mengatasi Sesak Nafas

Hanya Dengan Dua Ribu Rupiah, Anda Bisa Membuat Pengharum Ruangan yang Harumnya Tahan Berhari-hari..!!! Begini Cara Buatnya!